Dapur

Salah satu ruang di rumah yang memiliki peranan penting di dalam suatu keluarga adalah dapur. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap remeh keberadaan dapur. Padahal saat ini dapur bukan hanya sekadar tempat untuk memasak saja. Di kehidupan yang modern, dapur juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya semua anggota keluarga ketika sedang makan bersama.

Untuk itulah ketika membangun sebuah rumah sekarang banyak orang yang tidak melupakan untuk membuat desain dapur rumah juga. Terutama bagi yang menyukai kegiatan memasak. Bahkan mereka akan mengutamakan keberadaan ruang yang satu ini dibanding dengan ruang yang lain. Mereka ingin menjadikan ruang ini sebagai tempat yang
paling istimewa untuk menyalurkan hobinya.

Selain bisa menciptakan kesenangan dan keindahan, dapur juga punya peran yang lain. Yaitu tempat menyimpan serta mengolah makanan untuk disantap oleh seluruh anggota keluarga. Untuk itulah, ketika membuat desain dapur rumah, selain masalah keindahan juga harus memperhatikan masalah keamanan dan kesehatan.

Membuat Desain Dapur Rumah Yang Indah, Sehat, dan Aman

Agar desain dapur rumah bisa terlihat indah ada beberapa tips yang bisa diikuti :

   1. Untuk penerangan gunakan warna yang terang, agar kesan bersih dan lebar bisa terlihat.
   2. Untuk pewarnaan, pilihlah warna yang tidak menimbulkan kesan ramai.
   3. Ketika membuat dapur pilihlah posisi yang bisa terlihat langsung dari ruang keluarga dan ruang makan. Lebih bagus lagi bila bisa menyatu dengan kedua ruang ini.
   4. Desain dapur sebaiknya juga mengkuti model serta penataan interior rumah. Jadi bisa menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah.
   5. Perhatikan pula masalah penataan furniture, alat memasak, tempat menyimpan bahan dan makanan jadi supaya terlihat serasi.

Sedang untuk keamanan dan kesehatan ketika membuat desain dapur rumah juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

   1. Pencahayaan

      Ruang dapur harus selalu mendapat cahaya matahari secara langsung. Fungsinya adalah untuk membunuh kuman maupun bakteri yang bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan. Selain itu cahaya matahari juga bisa mengusir kecoa atau tikus dan binatang pengganggu yang lain. Karena mereka suka berada di tempat yang gelap dan lembab.

      Fungsi yang lain adalah bila pada makanan terdapat perubahan warna atau tumbuh jamur bisa diketahui secara langsung.

   2. Ventilasi udara

      Dapur yang baik harus mempunyai ventilasi untuk sirkulasi udara di dalam ruangan. Karena asap atau uap yang timbul ketika sedang memasak harus segera di keluarkan dan diganti dengan udara baru yang segar.

      Tujuannya adalah untuk menghindari bau tak sedap serta munculnya gas-gas yang mengandung racun.

   3. Material

      Ketika membuat dapur, gunakan material yang tahan terhadap panas dan uap. Contoh yang paling bagus adalah keramik. Harganya murah dan perawatannya juga gampang. Yang perlu dihindari adalah memakai material berbahan kayu karena mudah terbakar. Selain itu buatlah dinding tanpa tekstur karena tekstur sulit dibersihkan terutama ketika terkena minyak dan debu.

   4. Peralatan

      Letakan peralatan yang berbahaya dari jangkauan anak-anak. Terutama kompor dan peralatan elektronik serta yang tajam. Selain itu jangan menggunakan peralatan yang terbuat dari plastik. Karena dalam kandungan plastik terdapat zat yang bisa meracuni makanan.

   5. Kebersihan

      Dapur harus selalu bersih. Untuk itu buatlah desain dapur rumah yang penataan ruang serta interiornya mudah di sapu dan dibersihkan dari kotoran. Dapur yang kotor tentu akan menjadi tempat yang nyaman bagi berkembangnya virus dan bakteri yang bisa meracuni makanan.

   6. Keamanan

      Ketika sedang membersihkan dapur, hindari penggunaan pestisida secara berlebihan. Juga jangan menyimpannya di dapur. Bila kurang hati-hati bisa terkena makanan dan akan fatal akibatnya. Jika terpaksa menggunakan, bukalah ventilasi lebar-lebar agar udara segrea berganti. Selain itu pindahkan makanan dan bahan-bahan yang lain ke tempat yang aman lebih dulu.
engkap keindahan rumah, jangan

pernah taman mengalahkan keberadaan rumah. Apa yang

terjadi jika taman rumah Anda indah tetapi rumah

sendiri sama sekali tidak indah?

Sumber: AnneAhira.com

Dapur