Interior Rumah

Interior rumah merupakan cerminan kepribadian dan selera pemiliknya. Namun penerapan selera tersebut harus disesuaikan dengan tema rumah secara keseluruhan serta mengikuti beberapa “aturan” keserasian. Langkah awal untuk memulai penataan dekorasi adalah mengacu kepada fungsi dan proporsi ruangan, apakah untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar-kamar tidur, serta luas suatu ruangan.

Pemilik rumah harus mempertimbangkan keseimbangan nilai estetika dan
fungsional suatu ruangan. Pilihan-pilihan dalam menata interior rumah meliputi pengaturan aplikasi dinding, lantai, plafon, furnitur, dan aksesoris interior. Tatanan dinding yang menarik bisa diperoleh dengan memadukan cat dengan aplikasi teknik pengecatan, pemasangan wallpaper, wall painting, bata ekspose, batu alam, panel dinding, dan sebagainya.

Untuk lantai yang berkarakter, Anda dapat memasang keramik yang memiliki warna dan bercorak. Bisa pula menggunakan marmer, parket, atau menutupinya dengan karpet elegan. Untuk aplikasi plafon dapat dipilih dari gipsum, triplek, kain yang yang digantungkan, atau plafon menyatu dengan atap.

Masalah perabotan bisa sangat memusingkan karena banyaknya pilihan material dan model furnitur. Kayu dan metal adalah bahan furnitur yang paling populer, diikuti oleh bambu dan rotan. Anda bisa memilih salah satu untuk keseluruhan barang-barang di rumah atau memadupadankan beberapa unsur.

Sumber: AnneAhira.com